Jumat, 23 Desember 2011

Tempat Wisata Kudus

Di bawah ini adalah Tempat Wisata Kudus , dan Peta Wisata Kudus dari Google dengan penanda yang ditambahkan oleh The Aroengbinang Project, berisi lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, dan tempat lainnya di Kudus yang akan ditambahkan kemudian. Tempat Wisata Kudus dan Peta Wisata Kudus dari The Aroengbinang Project ini akan diperbarui ketika informasi baru tersedia, dan posisi koordinat GPS dari tempat wisata Kudus itu telah diperoleh 

Air Terjun Gonggomino, Kudus 
  • Tempat Wisata di kawasan wisata Rejenu, yang bisa dikunjungi dengan cara menyusuri sungai yang berada di kawasan Tempat Wisata itu.
Air Terjun Monthel, Kudus
  • Tempat Wisata di daerah Colo, Kecamatan Dawe, sekitar 18 km dari Kota Kudus, di lereng Gunung Muria, dengan ketinggian air terjun sekitar 25 meter, sekitar setengah jam dari Makam Sunan Muria.
Goa Jepang, Kudus
  • Tempat Wisata goa di kawasan wisata Colo, Gunung Muria, Kudus, berupa gua yang dibuat pada jaman pendudukan Kekaisaran Jepang, dengan panjang 100 meter, tinggi 2-3 meter dan lebar 1,5 – 2 meter.
Jembatan Tambak Lulang, Kudus
  • Tempat Wisata bangunan tua di Desa Plos, Kecamatan Jati, Kudus, yang dibangun tahun 1919 oleh Belanda dan dinamakan Stuw Ploso (pintu air Ploso)
Kelenteng Hok Hien Bio, Kudus
  • Tempat Wisata kelenteng yang berada di Jl. Agil Kusumadya, Kudus, dan merupakan salah satu kelenteng tertua di luar Jakarta yang memuja Hok Tek Tjeng Sin, atau Dewa Bumi.
Kelenteng Hok Tik Bio, Kudus
  • Tempat Wisata kelenteng di Jl. Tanjung Karang 104, Kudus, yang didirikan pada tahun 1741 oleh orang-orang Cina yang berhasil meloloskan diri dari Batavia pada saat terjadi pembantaian orang Cina secara besar-besaran oleh tentara VOC.
Makam Sunan Kudus
  • Tempat Wisata ziarah makam di Desa Kauman, Kec Kota, di kompleks Masjid Menara Kudus. Sunan Kudus, salah satu dari Wali Songo, diperkirakan wafat pada 1550. Makam Sunan Kudus berada di tengah-tengah bangunan utama berbentuk joglo.
Makam Sunan Muria, Kudus
  • Tempat Wisata ziarah di kawasan wisata Colo, Kudus, dengan menaiki sekitar 700 undak-undakan dari pintu masuk di dekat area parkir kendaraan, atau jika lelah pengunjung juga bisa mencapai lokasi dengan naik ojek.
Masjid Menara Kudus (Masjid Al Aqsa atau Masjid Al Manar)
  • Tempat Wisata masjid di Desa Kauman, Kec Kota, Kudus, dibangun Sunan Kudus pada tahun 1549 dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama dan terletak. Arsitektur masjid ini merupakan perpaduan budaya Islam dengan Hindu.
Menara Kudus
  • Tempat Wisata di Kauman, Kec Kota Kudus, 1,5 km ke barat dari Kota Kudus, yang didirikan oleh Syeh Ja’far Shodiq atau Sunan Kudus pada 1609 Sakam atau 1685 Masehi. Menara setinggi 17 meter yang terbuat dari bata merah itu memiliki bentuk arsitektur Hindu-Jawa dan Islam.
Museum Kretek, Kudus
  • Tempat Wisata di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus, sekitar 3 km ke arah selatan Kota Kudus, yang dibuka pada 3 Oktober 1986, menyimpan peralatan pembuatan rokok kretek dan klobot, foto dokumentasi, dan diorama.
Rahtawu, Kudus
  • Tempat Wisata di Desa Rahtawu, Kec Gebog, Kudus, sekitar 20 km dari pusat Kota Kudus, dengan ketinggian 1.627 m di atas permukaan laut di alam pengunungan yang segar, dengan banyak petilasan tokoh-tokoh pewayangan seperti Jonggring Saloko, dll.
Rumah Adat Kudus
  • Tempat Wisata yang bisa dilihat di kompleks Museum Kretek (dibuat tahun 1828 M), atau di sebelah selatan Menara Kudus, dibangun dengan bahan kayu jati berkualitas tinggi dengan sistem bongkar pasang tanpa paku.
Sumber Air Tiga Rasa, Kudus
  • Tempat Wisata di kawasan wisata Rejenu yang airnya memiliki tiga rasa, yang konon memiliki khasiat berbeda, dan jika dicampur rasanya akan menjadi tawar.
Situs Purbakala Patiayam, Kudus
  • Tempat Wisata di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus, dimana pengunjung bisa melihat fosil gading gajah purba, gigi geraham Homo erectus, badak, buaya, harimau dll.
Tugu Identitas Kudus
  • Tempat Wisata di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus, sekitar 1 km dari pusat Kota Kudus, yang merupakan salah satu lokasi pertempuran semasa revolusi kemerdekaan.
Wana Wisata Kajar, Kudus
  • Tempat Wisata di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, sekitar 15 km ke arah utara dari Kudus, yang menyediakan Bumi Perkemahan, lintas alam dan treking di kawasan hutan pinus, dengan ketinggian 600 di atas permukaan laut.
Wisata Alam Rejenu, Kudus
  • Tempat Wisata alam di Pegunungan Argo Jembangan, Gunung Muria, Kudus, untuk menikmati keanekragaman hayati dan satwa pegunungan dan pemandangan alam.
Previous Post
Next Post

0 komentar: