Sabtu, 04 April 2020

Cara Meratakan Text Pada Ms. Excel

Tujuan perataan text atau tulisan di Ms. Excel tentunya tidak terlepas dari manfaat atau kegunaan yang mungkin dibutuhkan oleh para pengguna Ms. Excel sehingga memungkinkan perusahaan Microsoft menyediakan fasilitas perataan. Sama halnya di Ms. Word perataan ini difungsikan untuk meratakan tulisan dan yang paling banyak jika di Ms. Word jenis perataan itu ketika dalam sebuah table. Belum tahu, nanti aku jelaskan.

Perataan Text di Ms. Excel

Karena ini blog tentang Excel maka aku bahas ya tentang Excel dan pada kesempatan kali ini aku akan membagikan bagaimana seh caranya membuat perataan dan apa saja perataan yang bisa digunakan di Ms. Excel itu? Baiklah, Jenis perataan tulisan atau text yang pertama adalah Rata Kiri (Align Text Left) dan yang kedua adalah rata tengah (Centre) kemudian perataan yang terakhir adalah rata kanan (Align Text Right). Itu adalah perataan standar yang sering kita gunakan. Tentunya ketiga perataan text tersebut memiliki fungsi masing-masing misalnya untuk perataan text kiri ini digunakan untuk membuat tulisan seperti biasa format text, lalu untuk rata tengah digunakan untuk tulisan judul tabel biasanya judul tabel berada di tengah-tengah table dan yang terakhir adalah rata kanan biasanya digunakan untuk format nominal keuangan atau currency atau bisa juga numeric biasa.

Selain ke-3 jenis perataan text diatas ada 3 jenis lagi yang mungkin sobat belum mengetahuinyai. Apa saja ketiga jenis perataan berikutnya? Yang pertama adalah Top align, kemudian yang kedua adalah Midle Align dan yang terakhir adalah Buttom Align

Fungsi Top Align digunakan untuk meratakan tulisan diatas cell, artinya jika sobat melebarkan cell atau baris maka hasilnya tulisan yang diketitkkan pada alamat cell yang bersangkutan akan berada diatas dan tetap diatas walaupun sobat melabrkan baris dengan ukuran berapapun. Biasanya digunakan untuk membuat format-format tabel yang memiliki tulisan yang panjang. Contohnya membuat RPP.

Fungsi Midle Align digunakan untuk meratakan text atau tulisan agar berada di tengah tengah secara vertical berbeda dengan perataan jenis Centre dia akan meratakan text antara kiri dan kanan atau lebih kerennya meratakan text secara horizontal.

Buttom align, digunakan untuk meratakan tulisan dibawah cell, artinya jika sobat melebarkan berapapun ukuran barisnya maka tulisan akan ikut terbawa ke bawah dan  tetap berada pada posisi bawah alamat cell.
Berikut lebih jelasnya dengan contoh gambar yang saya screnn shoot


Gambar diatas menggunakan dua jenis perataan yaitu center dan align left, jika aku lebarkan barisnya maka akan menjadi seperti gambar berikut ini


Terlihat jelek dan kurang bagus, Sebaiknya jika posisi tabel seperti gambar diatas, sobat harus menggunakan perataan text Midle Align sehingga hasilnya akan seperti berikut ini

Posisi judul kolom pada tabel sobat diatas akan berada di tengah-tengah baik secara vertikal maupun secara horizontal.
Previous Post
Next Post

0 komentar: