Kamis, 09 April 2020

Cara mengatur paragraph dan line spacing di Microsoft word

Word Icons - Download 165 Free Word icons here
Pada pengaturan paragraph ini kita akan melakukannya dengan cara otomatis. Jadi kita tidak usah memberi pengaturan disetiap paragraph secara manual. Karena hal itu tentu akan merepotkan kita. Sebagai mana yang sudah kita ketahui bersama. Di Microsoft word ini banyak sekali pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan secara otomatis. Seperti membuat nomor halaman, membuat daftar isi, mengurutkan nama sesuai abjad dan lain-lain.

Cara mengatur paragraph di Microsoft word

  1. Silahkan sobat buka file makalah sobat yang akan di atur tata letak paragraphnya dengan menggunakan Microsoft word. Atau sobat bisa membuat document baru untuk latihan mengatur paragraph di Microsoft word. Pada tutorial kali ini, saya menggunakan Microsoft office 2013.  
  2. Block bagian paragraph yang akan kita atur, kemudian klik menu home > panah kecil yang ada di samping tulisan paragraph
  3. cara-mengatur-paragraph-di-microsoft-word-2
  1. Kemudian pilih first line, jika sobat menginginkan baris pertama agak masuk kedalam. Dan pilih hanging jika sobat menginginkan baris pertama menggantung keluar. Sobat juga bisa mengatur jaraknya pada kolom by yang berada di sebelahnya.
  2. cara-mengatur-paragraph-di-microsoft-word-3
Keterangan tambarhan:
Alignment untuk mengatur rata kiri, rata tengah, rata kanan dan rata kiri kanan
Direction untuk mengatur arah mengetik. Right to left yang berarti mengetik dimulai dari kanan ke kiri, biasanya digunakan untuk pengetikan bahasa arab. Baca tutorial cara mengetik bahasa arab di Microsoft word. Sedangkan left to right digunakan untuk bahasa latin.
Identation untk mengatur awal dan akhir jarak penulisan. Dipengaturan inilah kita bisa mengatur baris pertama masuk kedalam atau menggantung keluar
Spacing untuk mengatur jarak dari baris pertama dengan baris berikutnya

Cara Mengatur Jarak Spasi Baris / Paragraf ( Line Spacing )

Cara Mengatur Jarak Spasi Baris / Paragraf ( Line Spacing ) | Jarak atau spasi dalam sebuah dokumen atau tulisan merupakana hal yang sangat penting, karena jika tanpa adanya sepasi maka sebuah tulisan atau dokumen akan sangat sulit untuk terbaca. Biasanya didalam membuat spasi pada tullisan orang menggunakan jenis spasi yang berbeda – beda, untuk itu kami akan mencoba berbagi tips tentang Cara Mengatur Jarak Spasi Baris / Paragraf ( Line Spacing )
Pertama saya akan berbagi Cara Mengatur Jarak Spasi Baris yang mudah atau otomatis.
1. Langkah pertama adalah blog semua tulisan yang ingin diatur jarak atau spasi barisnya.
2. Kemudian klik line paragraph spacing sperti yang terlihat pada gambar dibawah ini
Cara Mengatur Jarak Spasi Baris / Paragraf ( Line Spacing )
3. Lalu pilih karak yang dibutuhkan berdasarkan pilihan yang sudah tersedia.
Selanjutnya saya akan berbagi cara mengatur jarak spasi baris yang lebih manual
1. Langkah pertama masih Ssma dengan langkah yang adda pada langkah pertama cara otomatis, yaitu memblog semua tulisn yang ingin diubah jarak spasi barisnya.
2. Kemudian klik line paragraph spcing, seperti yang terlhaigt pada gambar no dua dicara pertama
3. Selanjutnya piliha line spacing option, maka akan muncu kotak dialog seperti gambar dibawah ini
Cara Mengatur Jarak Spasi Baris / Paragraf ( Line Spacing )
4. Seperti yang terlihat diatas, “yang diberi lingkaran merah, ada banyak pilihan yang tersedia, maka
saya akan menjelaskan fungsinya satu persatu.
a. Before : Jarak dengan paragraph sebelumnya
b. After : jarak dengan paragraph sesudahnya
c. Line spacing : spasi paragraph
1. Single : paragraph satu spasi
2. 1,5 line : paragraph untuk satu setengah paragraf
3. Double : paragraph dua spasi
4. At lest : jarak minimal antr baris
5. Exactly : jarak pasti
6. Multiple : jarak dengan angka – agka yang agak unik.
Previous Post
Next Post

0 komentar: